Pengalaman pertama kali belanja di alibaba.com - Syntax Blog

Header Ads

Pengalaman pertama kali belanja di alibaba.com


Siapa sih yang nggak kenal dengan website alibaba.com ? mungkin anda kalau belum mengenal dengan alibaba.com saya dan jabarkan sedikit tentang situs ini.

alibaba.com adalah sebuah situs untuk bisnis to bisnis. harga di sana sangat sangat murah sekali sehingga cocok untuk dibuat bisnis.

pertama kali saya kaget sekali dengan situs yang harganya hampir cuman 10% dari harga asli di Indonesia. Contohnya seperti sparepart handphone ataupun aksesoris handphone.

dan rasa penasaran kemudian Saya memberanikan diri untuk membeli sesuatu dari situs tersebut. tetapi yang saya beli tidak lah mahal, Kenapa begitu ? Ya namanya aja juga orang awam mau berbisnis, pasti juga sedikit ragu-ragu dengan situs Alibaba. tapi saya melihat review dari teman-teman yang sukses dari Alibaba sangatlah banyak jadi Saya memberanikan diri untuk membeli produk kecil-kecilan yang harganya cuman $0,1.



saya membeli sebuah kabel data yang saya kirim menggunakan DHL. saya kirim ke alamat saya yang berposisi di Rembang.

ongkos kirimnya sekitar $40, Wow mahal juga ya harga ongkos kirimnya.
menurut saya sih itu wajar, karena pengirimannya terlalu jauh ya. sehingga berpengaruh juga dong untuk biaya kirimnya.

saya membeli aksesoris handphone atau kabel data itu cuman 1000 PCS.
jadi total harganya $140, saya order ketika harga Dolar Rp 14,200. sehingga bisa dikalkulasi sendiri total pembelian yang saya lakukan di Alibaba.



kemudian untuk membuat produk saya laku, saya perlu yang namanya beriklan atau promosi lah biasanya orang nyebut ini :D

saya sisihkan uang sebesar Rp 500.000 untuk beriklan di facebook ads, karena menurut temen2 beriklan di facebook ads ini sangat cocok, karena targetingnya lebih mantab untuk kita jualan, akhirnya saya coba deh iklan di facebook ads.

setelah 500ribu saya habis di buat ber iklan di facebook ads, akhir nya saya mendapatkan customer yang lumayan banyak dan akhirnya juga produk yang saya beli dari alibaba tadi laku keras.

berapa ribu per pcs kabel data yang saya jual ? saya menjual dengan harga yang begitu murah menurut customer.
saya menjualnya hanya dengan harga Rp 10.000 saya kisaran dapat untung bersih Rp 6.000, lumayan lah bisa buat jajan bulanan saya heheheh.

agan bisa bayangin kalo 6000 * 1000 = 6jt, saya untung bersih 6jt rupiah. oh iya kenapa saya menghitung harga beli kabel datanya 4ribu ? ya itu juga karena ada biaya tambahan lain gan seperti biaya pengiriman, biaya pajak PPN, biaya pajak PPH.

kebetulan saya mempunyai NPWP jadi untuk pajak pph hanya 7.5% heheheh. mungkin sekian ya yang bisa saya share di blog ini. terimakasih sudah membaca konten ini, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis import dari alibaba. komen di bawah ya, share juga dong pengalaman kalian kalo sudah baca :)

No comments:

Powered by Blogger.